Day For Education

11 Juli 2018

Keluhan nyeri punggung saat ini menjadi trend baru dalam kondisi kesehatan masyarakat. Hal ini terjadi khususnya pada rentang usia produktif yang kesehariannya berhubungan dengan aktifitas sedang hingga berat. Disampaikan Ibu Maratul Mutmainah selaku koordinator edukasi pasien ICU menyampaikan bahwa acara edukasi rutin setiap hari rabu di ruang tunggu ICU SMC RS Telogorejo, hal tersebut sembari keluarga menunggu jam besuk pasien. Pemberian topik edukasi kepada pengunjung disesuaikan dengan topik yang menjadi trend saat ini. Hal tersebut dijelaskan pula oleh Ibu Imrotun selaku SPV ICU RS Telogorejo bahwa perawat harus mampu menjalankan program edukasi sebagai salah satu fungsi perawat sebagai educator.

Pada kesempatan hari ini materi tentang HNP (Hernia Nucleus Pulposus) atau yang lebih sering dikenal saraf kejepit disampaikan oleh perawat Maretya Asih Saputri dari unit ICU. Dijelaskan bahwa kondisi HNP merupakan penonjolan inti dari diskus yg menjadi bantalan tulang belakang sehingga menekan jalur syaraf dan menyebabkan nyeri ringan hingga berat. Ditambakan pula bahwa trauma dan kesalahan postur tubub dalam kegiatan mengangkat beban berat merupakan faktor yang paling sering menyebabkan HNP. Dianjurkan bagi orang yang memiliki faktor resiko tersebut atau yang sudah memiliki keluhan tersebut dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mencegah dan mengurangi keluhan. Serta dapat dengan menggunakan korset lumbal untuk mencegah pergerakan tulang punggung yang berat akibat beban kerja imbuhnya.

Kegiatan edukasi tersebut banyak menyedot perhatian pengunjung maupun keluarga pasien untuk mengikuti edukasi tersebut. Pertanyaan seputar HNP banyak disampaikan pengunjung dan dapat ditanggapi dengan baik oleh tim edukasi. Diharapkan kegiatan edukasi seperti ini dapat sering dan rutin dilakukan dengan topik kesehatan menarik lainnya supaya masyarakat lebih perhatian dengan kesehatan diri dan keluarga serta masyarakat lainnya. Red

One thought on “Day For Education

Add yours

Leave a comment

Website Powered by WordPress.com.

Up ↑

Design a site like this with WordPress.com
Get started